PERJALANAN HIDUP SEJATI RHONA SAVANA

                         PERJALANAN HIDUP SEJATI 

                                   RHONA SAVANA



  1. putra tertua dari 2 bersaudara. Dia lahir pada hari Rabu Pon, 20 oktober 1976, bintang libra dg shio naga api-nya. ibu nya bernama Rr.Soeryana putri dari R.SYAFIUDIN (kakek dari rhona savana) keturunan lansung dari R.Tumenggung YUDHO TRUNO dari tuban yg masih keturunan dari RONGGOLAWE yg ke-5.  ayahnya bernama IMAM SYAFII. seorang mantan player mandolin tetap OM.AWARA SBY pimp. s.achmadi. slain dari itu ayahnya juga seorang pencipta lagu dan juga penyanyi di masa th-70-an. yg antara lain karya ciptanya di album awara adalah : INTAN LIANA, PERGI JAUH, DARA JELITA, LATIFAH, SAMPAI HATI dll. (album awara vol.1-18)   



 RHONA SAVANA lahir di bondowoso tepatnya di jantung kota/tengah2 kota .sejak usia 3 bulan, dia telah di asuh oleh kakek neneknya tercinta di sebuah desa yg tiada pernah menetap selalu berpindah2. kedua orang tuanya berpisah sejak rhona berusia 5th dan adik perempuannya 2th yg kini tinggal di malang tumpang-jawa timur bersama anak2nya dan suaminya. sejak kecil hidupnya selalu tersisih dan terbuang dari keluarganya karna di anggap liar, mungkin sejak kecil dia kurang kasih sayang kdua org tuanya yg seharusnya slalu menemani dan mendidik dan membesarkannya. lambat laun alam telah membesarkan dia smpai menginjak remaja. kala itu ayah kandungnya tidak pernah suka melihat rhona dtg ke rumahnya, entah mengapa........mungkin ajaran kakeknya tdk sesuai dg ajaran dan aturan dr ayahnya. sedangkan rhona selalu membantah bila cara dan aturan orang tuanya tdk sesuai dg hati nurani dan kebebasannya sbg seorang remaja pd masa itu. hingga pd suatu hari dia di usir oleh ayahnya dan di larang menginjakkan kaki lagi di rumahnya krn mrasa malu memiliki anak laki2 yg berjiwa liar dan selalu membantah dan jg pengangguran, apa lagi waktu itu dia tdk pernah menampakkan kelebihan apa2 pd semua keluarga dan kedua orang tuanya selain sahabatnya sendiri kala itu. di anggap anak yg tak berguna, maka terusirlah dia. namun sebelum dia pergi, ayahnya pernah berkata dg lantangnya : "jangan pernah kau injakkan kakimu lagi di rumah ini dan aku muak dg mu,anak tak berguna yg tau nya hanya bikin malu krn kemalasan dan kebodohanmu itu!!! jgn pernah kmbali sblm kau buktikan kesuksesanmu padaku..pergi!!!!!!"............pd suatu hari ada sbuah perlombaan yg kala itu di hadiri oleh ratusan para juara karaoke dr tiap pelosok dan utusan dr tiap2 kabupaten dan juga kecamatan serta desa. saat itu rhona msih belum menguasai cengkok dan tehnik vocal dangdut, melainkan lgu2 band dan pop jg barat spt lagu2 balada iwan fals, ebiet g ade, harvey, ahmad albar, franky, dll..pada penampilan pertama, rhona tdk mendapatkan apa dan kalah telak. hingga pd suatu hari ada  temannya yg bilg : "kamu kalah terus tiap lomba, padahal kamu putra dr raja dangdut senior di bondowoso, tp syg kamu tak bisa meniru jejak langkah ayahmu". kata2 itulah yg membuat dirinya terpukul dan membenci atas ketidak mampuannya dlm bernyanyi. entah mengapa setelah menghilang sekian lama dr perlombaan waktu itu, tiba2 dia muncul dg wajah baru dan penampilan baru. namun tak begitu berpengaruh di mata senior2 karaoke kala itu. akhirnya waktu berjalan dan tibalah waktu perlombaan lagi di bondowoso.


 mungkin allah telah mentakdirkannya sbg pnerus perjuangan ayahandanya IMAM SYAFII AWARA wlpn antara dia dan ayahnya tdk pernah bisa sejalan dan selalu bermusuhan. penampilan pertama rhona savana di ajang dangdut karaoke di bondowoso mengundang banyak perhatian dan penilaian yg tak sedikit dari semua masyarakat kala itu. dia masuk dalam katagori dan menang telak saat final. begitulah seterusnya, selalu menang dan menang sampai dia di larang ikut ajang lomba karaoke di bondowoso. prestasi demi prestasi di raihnya dan smpai akhirnya hijrah ke sby smpai menguasai wil jawa timur. walaupn dia anak yg terkesan pemarah, tp dia tdk pernah merugikan org lain, justru dia selalu membela orang yg di anggap baik dan jujur serta tulus... walaupn di sekolah dia terkenal tukang berantem, tapi dia di kenal sbg anak nakal yg berprestasi mulai dr lomba lagu2 p4 sampai ke BAHANA SUARA PELAJAR se nasional, dia juga meraihnya smpai mengharumkan nama sekolah dan kota kelahirannya.setelah tahun 96 lulus dari sekolah SMEA NEGERI BONDOWOSO, dia merantau ke surabaya dan bekerja di pabrik sepatu di sedati sidoarjo, kemudian pindah ke maspion group waru dan kemudian pindah lagi ke diamond gedangan sidoarjo. pamannya yg juragan mie ayam di sidoarjo jg mendukung cita2 rhona savana menjadi seorang penyanyi walaupn itu hanya bermimpi. dia tinggal bersama pamannya di gedangan dan tiap malam dia bersama temannya yg senasib di perantauan mengamen di kampung2... mulai dari sawo tratap, seruni , sedati, tulangan, candi dll telah di lewatinya. sesekali kalau ada hajatan dia menyumbangkan lagu. di saat dia menyumbangkan lagu untuk resepsi pernikahan, dia di buru banyak orang untuk mengambilnya ke orkes2  di sana. kala itu masih ada orkes mayora dan pujangga. di saat mau masuk orkes baru itu, dia kena fitnah orang dalamnya sndiri yg jadi senior di sana karna merasa tersaingi oleh orang asing pendatang baru yg suaranya tdk kalah saing dg yg senior itu, kendati dia harus bolak balik ke rumah juragan orkesnya dan brusaha untuk akrab, tapi yg namanya iri hati, tetap merajalela. akhirnya dia mengundurkan diri dan kembali pd pkerjaannya spt semula.dg berjalannya sang waktu, tibalah masa di man indonesia mengalami krisis moneter dan perampingan karyawan. akhirnya kami semua pulang kampung. di kala dalam keadaan vacum, dia bertemu dg keluarga besar madura yg tak lain adalah ponaan dari neneknya ( org tua ibundanya rhona) waktu ada pertemuan keluarga jawa madura. akhirnya neneknya meminta ke ponaannya untuk menitipkan rhona di madura untuk di suruh belajar kerja.


 kebetulan kel rhona di madura itu banyak dan rata2 dr orang terpandang semua dan sukses. akhirnya dg linangan air mata, rhona ikut keluarga madura/sepupu ibundanya. sampai di tanah garam, dia spt org kebingungan dan stres krn tak ada 1 org pun yg di kenalnya.tak ad tempat mengadu, yg ada hanyalah tmpat bekerja keras tiap hari wlaupn di bayar. sampai akhirnya dia berusaha tenang dan sabar serta menghilangkan kenangan di bondowoso.tradisi dan lingkungan madura tlah merubah rhona savana secara pelan. dulunya dia di cap sebagai anak nakal pemilih dan pembosan, kini stelah terjun dan bergaul di kaum madura, dia berubah dan mengikuti arus budaya madura kala itu. dia berubah menjadi anak yg giat dan suka kerja keras dan selalu enjoy dalam hal apapun juga. lambat laun dia pun betah dan banyak sahabat di madura smpai dia di jagokan sbg penyanyi andalan di madura dalam sebuah perkumpulan geng anak muda. smp akhirnya rhona mendapatkan seorang guru di kalianget. dia adalah senior dangdut yg ada di wil timur. dia jg pencipta lagu dan penata vocal ternama yg bernama HOED AMAR..orang arab yg disiplin dan tegas. rhona di gembleng habis2an. siang malam dia di latih, di tatar dan di coba di lapangan. sampai akhirnya dia pun matang dalam mengolah vocal dan sangatlah jauh bila di bandingkan waktu masih menjuarai lomba2 di bondowoso dulu. ternyata HOED AMAR  adalah guru dari artis top IMAM S ARIFIEN, JHONNY ISKANDAR, YUS YUNUS, ZEIN TAMARA dan IIK yg kini jd aranger handal di jakarta hingga kini. inilah sebuah keuntungan besar buat seorang rhona sendiri walaupn tak bisa di wujudkan dlm bentuk uang, melainkan kepuasan batin yg selama ini di carinya...inilah saat2 cita2 rhona savana mulai nampak.......................................


waktu itu msih banyak artis2 orkesan yg sama2 bersaing mencari nama. dulu tak ada produser di jatim, kcuali di jakarta. makanya orang selalu berambisi ingin merubah nasibnya di jakarta menjadi seorang artis ibukota. sikut sana sini sudah biasa dlm seni. pun terjadi pd diri rhona sendiri yg kala itu tak pernah ada kesempatan bisa ikut orkes walaupn 1x. setiap ada kesempatan, selalu di jegal org lain yg merasa terganggu. merasa tersaingi.. akhirnya rhona berjanji pada diri sendiri bahwa dia akan berdiri sendiri menjadi seorang rhona pribadi tanpa harus tergantung pada orkesan. prinsip dan keyakinan yg selalu di bawanya itu ternyata telah memberi rona2 kehidupan yg tak sedikit dalam hidupnya. dalam menjalani proses kehidupan, tibalah rhona pada puncak kejenuhan. dia merasa tak mampu untuk bisa melanjutkan cita2 besarnya itu. memang sangat mustahil untuk bisa berkembang apalagi sampai menjadi artis besar yg tak sedikit org mengenalnya. dlm hatinya berkata sambil berjalan dan melamun di pinggir jalan :"aku terlalu tinggi..aku telalu ambisi bermimpi meraih bintang di langit. jangan bisa ku raih bintang, tak satu pun orkes mau menerimaku yg tak punya nama dan pengaruh apa2 ini", sambil terus berjalan spt orang tanpa arah tujuan. antara percaya dan tdk, dia terus berperang melawan batinnya sendiri yg telah mulai berputus asa. air mata nya berlinang tiada terasa, sampai dalam hatinya bersumpah :" mulai sekarang, aku akan tutup semua cita2 ini. biarlah ini akan manjadi kenanganku sampai tua nanti. biarlah cukup aku saja yg mengalami nasib spt ini, jgn sampai orang lain dan anak cucuku nantinya mengalami spt ku.".

GANTI PROFESI KE DUNIA PARANORMAL.............?????????????!!!!!!!dalam kesendirian, rhona merenung dan meratapi nasibnya yg tak pernah merasa beruntung. seakan allah tak pernah adil pd hambanya. seakan ibadah yg slama ini di lakukannya dan di jalaninya tak pernah menunjukkan hasil secara nyata, semua bersifat ghaib dan samar. makin tekun ibadah, makin bertambah ujian. makin terus meminta dan berharap, makin sering pula mengalami kegagalan.... itulah jiwa rhona saat itu. dia kacau dan pandangan matanya kosong hampa. dia kecewa pd allah. dia amarah dan patah hati pd allah sampai akhirnya dia tdk mempercayai akan keadilan allah. yg ada hanyalah rasa pilih kasih semata. orang yg bejad dan sesat selalu di berikan jalan dan kemudahan, orang yg tekun ibadah selalu mendapatkan kesedihan dan penghinaan.... apakah ini yg di maksud keadilan tuhan???? itu dan itulah yg selalu di renungi dan di pertanyakan dlm hatinya. akhirnya dia memutuskan untuk menutup dan mengubur semua cita2 nya yg sia2. semua gitar, kaset2 rhoma irama kesayangannya di buang ke laut dan giarnya jg di berikan pd pemuda jalanan yg sering mengamen di bis2 kota. putus sudah harapan dan sirnalah semua impian. setiap ada lagu dangdut, dia selalu menghindar dan terus menghindar. semua teman2nya merasa heran knp rhona kini berubah drastis. semua keluarganya jg ikut tanda tanya. dia menjadi pendiam dan pemurung... sampai pd suatu hari, dia ke apotik membeli sebuah obat A. obat itu adalah obat keras . kalau obat itu sampai di telan, maka pita suaranya akan hancur dan pecah dan rusak. trnyata  dia membeli sebuah obat A untuk merusak pita suaranya sendiri dan membenci musik selamnya. trnyata keesokan harinya, suaranya rusak. jangankan bernyanyi, bicarapun tak bs mgeluarkan suara. tapi lagi2 rhona masih beruntung. ternyata suaranya kembali lagi setelah 1 tahun. dia sempat membenci tuhannya, dia mengira tuhan nya mau mempermainkan nya. tapi allah punya rencana di balik musibah dan ujian itu pd akhirnya.  dalam kebisuan, rhona kembali mengingat pesan almarhum sang kakek dan neneknya yg di jawa. sedangkan almarhum kakeknya brpesan pd rhona waktu rhona msih di bangku SMEA. "pergunakan apa yg sudah aku berikan padamu bila mana km kepepet". 

sebuah buku kuno dr daun lontar yg di tulis dari paku dan brbahasa arab gundul. pelan2 dia buka dan di pelajari kitab pemberian almarhum kakeknya itu. lama2 dia mendalami dan ada niat untuk mencobanya. kebetulan rhona di madura memiliki seorang pak dhe, sodara dekat ayah nya dr bondowoso yg menjadi tokoh masya rakat di ambunten sumenep itu. dia mengeluh dan meminta jalan keluarnya pd pak dhe nya yg bernama sulaiman firdausi tokoh masyarakat sekaligus guru bela diri TRISULA SAKTI dan juga kala itu menjadi ketua pagar nusa pimp. KH.MAKSHUM JAUHARI LIRBOYO KEDIRI. apa yg di utarakan rhona, trnyata di tanggapi oleh pak dhe nya dan bliaupun mengajak rhona ke sebuah tempat yg sepi. tiba2 pak dhe nya memberi tahukan sedikit ilmu permainan ghaib berupa tangan yg mengeluarkan api, merokok tanpa menggunakan korek, berjalan di atas benang, menegakkan benang basah dll. sampai akhirnya dia tertarik dan akhirnya di antar oleh pak dhe nya ke lirboyo untuk bertemu dg seorang pendekar sakti yg memiliki ilmu petak jibril dan bejejuluk si rambut api. tiada lain beliau adalah almarhm  GUS MAKSUM yg telah kondang dan berkibar namanya di seluruh negeri. akhirnya dg bimbingan bliau, rhona di tempa oleh wejangan dan nasehat serta plajaran batin sampai akhirnya dia menjalani tata cara pengolahan ilmu batin dan hal2 yg brsifat ghoib. 1th lamanya rhona di tempa ilmu di lirboyo smpai matang dan lulus sbg murid kebatinan dr lirboyo. 


tak selang beberapa lama, dia telah menyembuhkan banyak org yg terkena santet dan guna2. dia juga tambah dan tambah mengasah lagi sampai memiliki kemampuan menarik pusaka dr dalam tanah yg berumaur ratusan tahun lamanya di tempat2 kramat dan di pandang angker. di mana tiap tempat selalu mengambil dan mengumpulkan puluhan pusaka tua sampai 2 almari penuh. hingga suatu ketika, rhona yg sdh menjelma menjadi paranormal ini dg rambutnya yg panjang dan kumis serta jenggotnya yg tebal dan berpakaian serba hitam. 

1 bukti petunjuk tuhan telah dtg padanya.pada waktu sang paranormal muda yg telah merubah namanya menjadi KI BAGUS KELANA ini pulang ke bondowoso dg gelar barunya, tiba2 ada telpon dr sby. ternyata sahabatnya SAHURI AMAR menyuruh datang ke sby. ternyata di sby, rhona di daftarkan menjadi peserta audisi BINTANG DANGDUT SEMILYAR LATIVI 2004 tepatnya di jl.opak sby. mau tidak mau, rambut dan kumis jenggot yg memanjang itu harus di cukur rapi. semua biaya dan perlengkapan di tanggung sodara2 pasar turi kala itu. betapa baik dan mulianya mereka semua...terhadap KI BAGUS KELANA ini. dan pd masa yg tlah di tentukan, perlombaanpun di mulai. di depan telah berdiri seorang juri bernama IMRON SADEWO, EVI TAMALA DLL. semua peserta dtg dr arah manapun juga tanpa terkecuali. ternyata allah berpihak pd paranormal muda ini dan berhasil meraih juara pertama putra dan menjadi duta surabaya bersama juara putri yaitu LILIN HERLINA dan ANISA RAHMA. ternyata nasib masih blm berpihak pd rhona savana. dia kalah dlm rolling sms. akhirnya rhoana dan anisa rahma pulang, sdgkan lilin bertahan di beberapa besar di jakarta.......................dari kegagalan itulah rhona akhirnya bertekad mengadu nasib ke jakarta. namun lagi2 dia sial..dia tertipu oleh orang yg mengaku sebagai agency sebuah perusahaan production house jakarta sebanyak 20 juta. sedangkan uang itu hasil dari pinjaman pada sodaranya. akhirnya rhona di tinggal mentah2 di jakarta tepatnya di stasiun senen yg waktu itu masih buta tentang jakarta. ternyata sisa uang yg di sakunya 50 ribu rupiah. dia terkulai lemas. dia menangis meratapi hidupnya yg selalu sial dan tak pernah merasa beruntung. dlm hati dia selalu berharap mati. dari pada menanggung malu dan derita sepanjang waktu. dia msih duduk terkulai di rel kreta api senen. air matanya tak bisa di bendung. dia mengutuk dirinya sendiri. dia mengharamkan dirinya sendiri. dia tak mungkin bs kembali pulang ke madura. dia jg tak mungkin bs kembali ke bondowoso lagi dalm keadaan hina. tiba2 dia teringat sesuatu di bawah sepatunya. setelah sepatunya di buka dan alas kakinya di buka dlm sepatu itu, sebuah angka tertera 021xxxxxxxx......... dg gemetar rhona mencari wartel di sekitar stasiun senen. dg gugup di angkatnya tlp itu dan ternyata aktif dan di terima oleh ZEIN TAMARA si pelantun DINDING KACA feat JAGAT ARIANI dan pernah mendapatkan penghargaan seruling emas krn masuk katagori lagu dan pencipta terlris dan terbaik th 2001. rhona kemudian menuju bekasi dan di jemput oleh ZEIN TAMARA. 

akhirnya ZEIN TAMARA merawat rhona di rumah mertuanya di wil bekasi utara perum wisma asri. itulah awal mulainya karir rhona menjadi seorang pencipta merangkap paranormal dulu.tahun berganti tahun, rhona memiliki banyak anak buah dan namanya sudah di kenal di mata artis2 dangdut saat itu sbg paranormal muda KI BAGUS KELANA. tiap hari uang mengalir dan terus mengalir. akhirnya dia bisa menutupi hutangnya yg 20 juta itu . mulai dari marunda, pangeran jaya karta, kebun nanas, makam kober, pondok indah, jeruk purut, casblanka dll telah di jajakinya dan semua di taklukkannya bersama para pengikutnya yg berjumlah 9 orang itu. dia memiliki misi dlm sebuah perjuangannya. kalau pada umumnya paranormal yg berada di ibukota itu menjual syirik dg mempercayai azimat dan benda2 apapun juga. tp bagi misi seorang rhona adalah memerangi kemusyrikan modern dg cara yg halus. dg tujuan menggiring semua pasiennya ke jalur syariah yg benar dan di benarkan. spt sholat tepat waktu , puasa sunnah dan wajib dan memberikan pemahaman dan pengertian adanya kekuatan di luar akal manusia yg semua itu adalah kekuatan ilahi robbi dan wajib meyakini akan kekuatan allah. nah!!.. singkat crita, pada saat musik dangdut jakarta mulai vacum, rhona pulang kampung dg membawa bukti album hasil karya ciptanya dg label jakarta. tiap sodaranya bertanya , rhona tak pernah mmberi tahukan bhw dia adalah paranormal di jakarta. sesampainya di rumah ayahnya, dia masih kecewa dg sikap ayahnya yg tetap tak bisa membuatnya senang. ayahnya berharap rhona bisa menjadi penerusnya kelak. 

akhirnya rhona kembali mengasingkan diri. waktu itu di pasar2 mulai ramai dg album2 baru daerah dg artis2nya. dia tertarik untuk masuk ke dunia recording itu. tiap produser tdk menerima rhona. krn mereka tdk mengenal siapa rhona. pd suatu hari rhona bertemu dg teman lamanya yg dulu menjadi seorang penjual kaset. ternyata dia telah jadi produser yaitu ARWANA RECORD bondowoso. hubunganpun makin akrab dan apa yg di impi2kan slama ini kini tlah terbukti. rhona di angkat oleh bos arwana record menjadi artis pendatang baru di album .... sejak saat itulah rhona terus berkibar dan berkibar. malah makin menunjukkan kegigihannya.sampai akhirnya rhona menjadi pencipta lagu daerah, nasionalan dan berhasil  mendirikan produser di daerah bangkalan

dg bekal pengalaman yg tak sedikit sampai ke tingkat paranormal yg sebenarnya bukan barometer rhona savana itu ternyata membawanya ke cita2nya sejak kecil yaitu menjadi penerus perjuangan ayahandanya IMAM SYAFII AWARA. 



dg bekal seorang paranormal itu, tak sedikit para artis ibukota meminta bantuan scara pribadi. hingga pd suatu hari rhona berjanji pd dirinya bhw bila nanti telah berhasil memiliki banyak koneksi hubungan luas di jakarta terutama yg berkaitan dg musik, dia akan menutup profesinya sbg paranormalnya. dan ternyata allah mengabulkan. maka sesuai dg janji rhona savana pd allah, dia berhenti total dr semua kegiatan apapun juga yg berkaitan dg hal2 yg bersifat gaib/metafisika.. kini yg tersisa hanyalah indera ke enamnya yg bs melihat wujud dari sebuah hal yg samar spt aura jahat/negatif dan jg aura manusia.. krn in adalah bawaannya sejak lahir dan itu tak mungkin bisa di hilangkan.

begitulah sekelumit penggalan sedikit cerita hidup seorang rhona savana. bila ada kata yg salah, baik yg di sengaja ataupun tidak, kami mohon maaf yg sebesar2nya.

                             salam dangdut....wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI RHONA SAVANA